Digitalisasi industri layanan kesehatan telah meningkat pesat dalam beberapa tahun terakhir dan tidak ada indikasi bahwa perkembangan ini akan melambat dalam waktu dekat. Banyak manfaat yang diperoleh dari penggunaan teknologi, seperti sistem janji temu pasien, di rumah sakit dan klinik rawat jalan. Dalam artikel ini, saya ingin fokus pada bagaimana sistem janji temu pasien, yang juga dikenal sebagai perangkat lunak janji temu pasien, dapat membantu rumah sakit meningkatkan manajemen aliran pasien dan meningkatkan pengalaman pasien serta kepuasan staf.
Apa yang dimaksud dengan SMS Appointment System?
Sistem janji temu pasien adalah solusi untuk membantu menyederhanakan alur pasien dengan sumber daya yang tersedia, menggerakkan pasien secara efisien melalui perjalanan pasien sekaligus mengurangi beban kerja administratif staf layanan kesehatan. Menggunakan sistem janji temu pasien memberikan lebih banyak fleksibilitas dan kontrol kepada pasien Anda untuk membuat janji temu sendiri.
Jika software janji temu pasien juga diintegrasikan ke dalam sistem rumah sakit yang ada, informasi penting tentang pasien dapat diberikan kepada staf Anda pada saat yang sama sumber daya rumah sakit lainnya dikumpulkan dalam sistem yang sama untuk membantu anggota staf mempersiapkan diri sebelum janji temu dengan lebih efisien.
Mengatasi tantangan paling umum dalam layanan kesehatan
Tantangan paling umum dalam industri layanan kesehatan adalah mengurangi biaya operasional dan sumber daya yang terbatas sambil berupaya mencapai efisiensi yang lebih tinggi. Kesulitan dalam menjalankan operasional dengan sumber daya yang terbatas, khususnya di rumah sakit, biasanya terlihat pada waktu tunggu yang lama, arus pasien yang tidak efisien dan mengganggu, serta staf yang stres karena beban kerja yang semakin meningkat.
Salah satu cara mudah untuk mengurangi waktu tunggu pasien adalah dengan berinvestasi dalam sistem penjadwalan janji temu di mana pasien dapat dengan mudah membuat janji temu, tiba pada waktu yang tepat, dan mengumumkan kedatangan mereka melalui telepon, di kios layanan mandiri, atau di resepsi. . Membantu Anda menciptakan perjalanan pasien yang lancar.
Dengan sistem janji temu di rumah sakit, Anda memungkinkan staf Anda untuk fokus merawat pasien Anda dan memberikan perawatan terbaik bagi mereka. Kekhawatiran dalam mengelola arus pasien yang kompleks dan menghabiskan waktu untuk tugas-tugas administratif dikurangi hingga minimum, sehingga staf Anda tidak perlu lagi melakukan pekerjaan yang memakan waktu.
5 manfaat utama dari sistem janji temu pasien di rumah sakit dan klinik
1. Mengurangi waktu tunggu pasien
Dengan sistem janji temu pasien, alur masuk dan keluar pasien di fasilitas dikelola dengan lebih baik dan sesuai dengan sumber daya yang tersedia, seperti ruang pemeriksaan atau staf dengan keahlian yang tepat. Pasien yang tidak mendesak dapat menjadwalkan janji temu mereka terlebih dahulu, sementara beberapa slot kosong disediakan untuk pasien yang datang dalam keadaan darurat. Dengan cara ini, waktu tunggu yang lama dan kerumunan orang dapat diminimalkan, dan risiko infeksi silang pada pasien yang berada di ruang tunggu yang lebih luas dapat dikurangi.
2. Manajemen waktu yang lebih baik untuk pasien dan staf
Memungkinkan pasien untuk membuat janji temu sehingga mereka dapat merencanakan hari mereka dengan tepat dan membuat perubahan pada kalender mereka, sehingga membatasi ketidakpastian kapan waktu janji temu akan diberikan kepada mereka oleh penyedia layanan kesehatan. Hal ini membantu meningkatkan pengalaman pasien secara keseluruhan karena pasien mendapatkan lebih banyak kendali dan fleksibilitas terkait perawatan mereka.
Demikian pula, staf layanan kesehatan dapat mengatur jadwal kerja mereka dengan lebih efisien. Mereka juga dapat mempersiapkan diri untuk janji temu mendatang dengan informasi yang diisi pasien saat membuat janji temu. Mengizinkan staf Anda, misalnya, meneliti gejala atau memesan peralatan internal untuk melakukan pemeriksaan tertentu.
3. Lingkungan kerja yang lebih baik
Sistem janji temu pasien memungkinkan rumah sakit menciptakan aliran pasien yang lebih seimbang dan beban kerja yang merata sepanjang hari, sehingga mengurangi tingkat stres staf Anda. Dengan menyebarkan janji temu, Anda menghilangkan tekanan pada jam sibuk, mengurangi pekerjaan administratif yang memakan waktu, dan mempraktikkan alokasi sumber daya yang lebih baik, sehingga menghasilkan lingkungan kerja yang lebih baik dan staf yang lebih bahagia.
4. Mengurangi pembatalan pasien
Dengan sistem penjadwalan janji temu, konfirmasi janji temu dan pengingat dapat dikirim secara otomatis kepada pasien, sehingga meningkatkan kemungkinan pasien datang pada janji temu mereka. Dengan cara ini, Anda memanfaatkan sumber daya Anda dengan lebih baik, dan masalah ketidakhadiran dapat dikurangi.
5. Beban kerja administratif lebih sedikit
Sebagian besar tugas penjadwalan janji temu diotomatisasi dalam sistem janji temu pasien, yang berarti beban kerja administratif staf Anda berkurang secara signifikan. Daripada menghabiskan waktu berjam-jam untuk menghubungi pasien, mencari slot janji temu, mengumpulkan informasi pasien yang diperlukan untuk mengonfirmasi janji temu, dan mengelola kalender anggota staf, staf Anda dapat berfokus pada penyediaan layanan pasien yang unggul. Sistem penjadwalan janji temu dapat menangani pekerjaan administratif melalui otomatisasi dan mendukung staf rumah sakit sehingga mereka dapat meluangkan waktu untuk tugas-tugas penting yang hanya dapat dilakukan oleh para profesional terlatih.
Memilih sistem janji temu pasien
Informasi yang diperoleh dari aplikasi ini adalah:
- Informasi nomor urut poli klinik kepada pasien
- Informasi estimasi waktu Kehadiran ke poli klinik untuk pasien
- Informasi Laporan data jumlah pasien per klinik, per dokter dan total (harian/periode)
- Informasi Ulang Tahun dan Hari Raya Pasien dan Dokter serta karyawan secara Alert System
- Informasi Undangan Seminar, Meeting, Acara Kegiatan rumah sakit, Promosi Product dan lain-lain
- Informasi jumlah pasien kepada masing-masing dokter
- Informasi Dokter Pengganti ke pasien apabila ada dokter cuti
- Informasi Reply Berita dari dokter yang terlambat atau berhalangan hadir ke rumah sakit
- Informasi apabila dokter datang terlambat datang ke poli klinik secara Alert System
- Informasi Laporan Data Jumlah Pasien per Klinik, per Dokter dan Total (harian/periode)
- Melayani Pendaftaran PoliKlinik melalui telephon atau datang langsung ke rumah sakit
0 Komentar